Mahfud MD Ketua MK Periode Kedua

 
0
61

Mahfud MD Ketua MK Periode Kedua

[BERITA TOKOH] – LEADERSHIP – Jakarta, 22/8/2011 | Prof. Dr. Mahfud MD mengucapkan sumpah jabatannya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode kedua tahun 2011–2014, Senin 22 Agustus 2011. Sebelumnya, Mahfud terpilih dalam pemilihan Ketua MK pada pada 18 Agustus 2011.

Dia terpilih dalam satu putaran dengan meraih lima suara dari sembilan suara hakim MK. Dia mengungguli Harjono (dua suara) dan Hamdan Zoelva (satu suara) dan satu suara abstain. Pemilihan berlangsung demokratis tanpa hiruk-pikuk pemberitaan di media massa. Suasana pemilihan berjalan lancar tanpa ada ada persaingan antarhakim untuk memilih dan memenangkan seseorang. Dalam pemilihan, menurut Mahfud, tidak ada lobi-lobi yang dilakukan oleh para hakim agar memilih dirinya atau hakim lain.

Menurut Mahfud, tidak ada pula hakim yang mau mengorbankan martabat dan independensinya dengan memilih calon karena permintaan pihak tertentu. Setiap hakim tahu persis bahwa tidak ada hakim yang bisa dipengaruhi, dipesan, atau didikte karena itu tidak etis.

Acara pengambilan sumpah Ketua MK itu dihadiri sejumlah tokoh antara lain Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas, Ketua Mahkamah Agung Harifin A Tumpa, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas, Wakil Kepala Kepolisian Komjen Pol Nanan Sukarna dan Ketua Bawaslu Bambang Eka Cahyo Widodo. Berita TokohIndonesia.com | rbh

© ENSIKONESIA – ENSIKLOPEDI TOKOH INDONESIA

 

Tokoh Terkait: Mahfud MD, | Kategori: Berita Tokoh – LEADERSHIP | Tags: MK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here