03 | Kehidupan Keluarga

Suhardiman
Suhardiman | Tokoh.ID

Tokoh yang dalam situs resmi SOKSI digelari Sang Dukun Politik Indonesia yang pada akhir dasawarsa 1940-an dan awal dasawarsa 1950-an, menjadi taruna dari Akademi Militer (MA) menjalin hubungan dengan seorang putri Yogyakarta, Sapartinah, tamatan sekolah khusus putri Stella Duce yang cukup bergengsi di Yogyakarta.

Situasi dan kondisi bangsa yang saat itu berada dalam ancaman separatisme, dan karenanya membutuhkan keterlibatan para taruna muda untuk terjun ke berbagai daerah yang bergejolak, mendorong jalinan cinta kedua insan muda tersebut ke jenjang pelaminan, yang dilaksanakan pada tahun 1951. Ketika itu, sang pemuda yang oleh rekan dekatnya akrab dipanggil sebagai Mr. Black berusia 27 tahun sementara sang putri Yogya, Sapartinah, berusia 21 tahun, kelahiran Yogyakarta, 25 Juni 1930.

Suhardiman kemudian mempersunting gadis pilihannya itu. Acara pernikahan secara sederhana dilangsungkan pada tahun 1951. Bahtera keluarga yang dibangun oleh pasangan ini kemudian mengarungi riak, gelombang, ombak, dan badai kehidupan di tengah berbagai perubahan iklim dan cuaca perjalanan bangsa yang kerap kali tidak tenang dan tenteram.

Sementara sang suami menyibukan diri dalam dunia politik dan kenegaraan, sang istri di samping setia mendampingi sang suami juga menyibukan diri dalam berbagai kegiatan kewanitaan, seperti Ria Pembangunan, APC (ASEAN Program Consultan), dan aktif dalam mendampingi Ibu Negara Republik Indonesia pada berbagai masa, mulai sejak Ibu Hartini Sukarno, Ibu Tien Suharto, Ibu Ainun Habibie, dan Shinta Nuriah Abdurrahman Wahid.

Bahtera keluarga yang dibangun pada tahun 1951 itu telah berlayar mengarungi samudera kehidupan. Kiranya keluarga yang telah di karunia 6 anak (3 putra dan 3 putri) serta 12 orang cucu ini senantiasa dikarunia kesehatan dan umur yang lebih panjang, untuk memberikan bimbingan dan arahan tidak saja kepada putra-putri, dan cucu-cucu, tetapi juga untuk masyarakat, bangsa, dan negara. mti/tsl

***TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here