Dosen Politik yang Penulis

[ Victor Silaen ]
 
0
116
Victor Silaen
Victor Silaen | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Dr. Victor Silaen MA, kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1964, Doktor Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Ketua DPP Forum Penulis dan Wartawan Indonesia (FPWI – ForumPWI) ini seorang pengajar, peneliti dan penulis.

Victor aktif sebagai dosen tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pelita Harapan, Tangerang (sejak Januari 2010-sekarang). Sebelumnya, dia dosen tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta (1997-2010). Di samping juga sebagai dosen tamu pada beberapa universitas/sekolah tinggi (sejak 1993-sekarang).

Selain sebagai dosen, dia juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Jurnal Verity, Jurusan Hubungan Internasional FISIP UPH (sejak Januari 2012), Pemimpin Redaksi Jurnal Sociae Polites, FISIPOL UKI (2001-2009), Pemimpin Redaksi Tabloid Reformata (2003-2009), Dewan Redaksi Tabloid Reformata (2010-sekarang), Wakil Pemimpin Redaksi Jurnal Lensa, STT Cipanas (2008-2011). Dia juga aktif menulis di berbagai koran dan majalah, di antaranya Majalah Berita Indonesia (Berindo).

Juga aktif menulis buku, di anataranya: Kontributor dalam buku Berteologi dalam Anugerah (Cipanas: STT Cipanas, 1997); Kontributor dalam buku HKBP di Pentas Politik (Jakarta: Yakoma PGI, 1997); Editor dan Kontributor dalam Gereja dan Reformasi (Jakarta: Yakoma PGI 1999); Penulis buku saku Apa dan Bagaimana Demokrasi (Jakarta: Yakoma PGI 1999); Editor dan Kontributor dalam buku Dari Presiden ke Presiden: Pikiran-pikiran Reformasi Yang Terabaikan (Jakarta: UKI Press, 2003); Editor dan Kontributor dalam buku Peran Kristen dalam Membangun Masyarakat Sipil (Jakarta: Mitra Utama, 2004); Penulis buku Gerakan Sosial Baru, Perlawanan Rakyat Toba Samosir Pada Kasus Indorayon (Yogyakarta: IRE Press, 2006); Kontributor buku Dari SKB 1969 ke Perber 2006 (Jakarta: Yapama, 2006);

Selain itu, suami dari Synka Agustina Tarigan dan ayah dua anak, Abel Gideon (putera) dan Zefanya Aprilia (puteri), ini juga aktif memberikan ceramah (menjadi narasumber) di berbagai forum di dalam negeri, tentang hal-ihwal yang berkait dengan bidang sosial, politik, dan budaya, serta metode penelitian dan teknik penulisan ilmiah/ilmiah populer.

Penulis buku Suara Reformasi Warga Gereja (Jakarta: Ramos Gospel Publishing, 2007); Editor dan Kontributor dalam buku Pdt. Mangapul Sagala, Pelayan dan Pembelajar (Jakarta: Ramos Gospel Publishing, 2006); Editor dan Kontributor dalam buku St. Hotman Siahaan, Melangkah Bersama Tuhan (Jakarta: Karya Mulia, 2007). Editor buku Dr. Johannes Leimena, Negarawan Sejati dan Politisi Berhati Nurani, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Kontributor dalam buku Gereja dan Penegakan HAM (Yogyakarta: Kanisisus, 2007); Kontributor dalam buku Gereja, Komunikasi, dan Rekonsiliasi (Yogyakarta: Kanisius, 2008); Penulis buku Prospek Demokrasi di Negara Pancasila (Jakarta: Permata Aksara, 2012); Penulis buku Bertahan di Bumi Pancasila, Belajar dari Kasus GKI Yasmin (Jakarta: Bina Kasih, 2012); Penulis opini/artikel dan resensi buku di berbagai media massa dan jurnal ilmiah (1993-sekarang, sudah lebih dari 1000 tulisan).

Di bidang organisasi, selain aktif sebagai Ketua DPP FPWI, juga menjabat Ketua Badan Pengurus Yakoma PGI (sejak 2006). Selain itu, suami dari Synka Agustina Tarigan dan ayah dua anak, Abel Gideon (putera) dan Zefanya Aprilia (puteri), ini juga aktif memberikan ceramah (menjadi narasumber) di berbagai forum di dalam negeri, tentang hal-ihwal yang berkait dengan bidang sosial, politik, dan budaya, serta metode penelitian dan teknik penulisan ilmiah/ilmiah populer. Juga membimbing skripsi/tesis mahasiswa S1 dan S2 di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta (1993-sekarang). Dalam Pemilihan Umum Legislatif 2009, dia menjadi Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Provinsi DKI Jakarta.

Meninggal Dunia

Victor Silaen MA, tutup usia pada Minggu dini hari 11 Oktober 2015) pukul 02.00 WIB, di RS Sint Carolus Jakarta Pusat setelah mendapat perawatan intensif beberapa hari karena serangan jantung. Jenazah disemayamkan di Gedung Yakoma PGI, Jalan Cempaka Putih Timur XI No.25, Jakarta Pusat dan diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir San Diego Hills Karawang Jawa Barat, Senin 12 Oktober 2015 pukul 13.00 WIB.

Penulis: Bantu Hotsan | Bio TokohIndonesia.com

Data Singkat
Victor Silaen, Pengajar, Peneliti dan Penulis / Dosen Politik yang Penulis | Direktori | UPH, UKI, Sumut, UI, peneliti, penulis, pengajar, FPWI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here