Terpilih Jadi Gubernur Lampung

[ Sjachroedin ZP ]
 
0
196
Sjachroedin ZP
Sjachroedin ZP | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Pasangan Sjachroedin ZP-Syamsurya Ryacudu terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2004-2009. Pasangan yang diajukan oleh Fraksi PDI-P itu meraih 49 suara, sedangkan pasangan Oemarsono-M Ibrahim BS yang diajukan Fraksi TNI/Polri hanya memperoleh 17 suara dalam pemilihan ulang Gubernur Lampung, Senin 24/5/2003.

Rapat Paripurna Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lampung dengan agenda pemilihan ulang gubernur itu dipimpin Ketua DPRD Lampung Nurhasanah dan dihadiri 67 anggota DPRD. Delapan anggota tak hadir, di antaranya Ketua Fraksi Persatuan Pembangunan (F-PP) Malhani Manan dan Ketua Fraksi Amanat Bintang Keadilan Umat (F-ABKU) Abdul Hakim.

Pemilihan ulang diikuti oleh semua fraksi di DPRD Lampung itu dimulai pada pukul 09.00 dengan pengawalan dan penjagaan ketat dari aparat kepolisian. Dari 67 anggota yang hadir, hanya satu anggota, Zainudin Sembiring (F-ABKU), yang tidak menggunakan hak pilihnya.

“Hasil pemilihan akan disampaikan kepada Mendagri pada 28 Mei nanti,” tutur Ketua DPRD Lampung Nurhasanah.

Sjachroedin, setelah terpilih, menyatakan akan mengutamakan keamanan. Menurutnya, Lampung agak rawan, gampang diadu domba. Karena itu, salah satu prioritasnya adalah menjaga keamanan.

Gubernur terpilih, Sjachroedin adalah putera H. Zainal Abidin Pagar Alam (alm), gubernur Lampung periode 1967-1973. Ia adik kandung Syafariah Widianti, isteri Alzier Dianis Thabranie, gubernur Lampung terpilih tahun 2002 yang pelantikannya ditolak Mendagri karena terlibat kasus pidana.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sjachroedin, adalah mantan Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Sumsel. Jabatan terakhirnya adalah Deputi Operasi Kepala Polri dengan pangkat komisaris jenderal. Sedangkan wakilnya adalah anggota DPRD Lampung dari Fraksi Partai Golkar.

Sebelum rapat dimulai, Sekretaris Dewan Masyono Nawawi membacakan tiga surat yang ditujukan kepada DPRD Lampung. Surat pertama berasal dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Hari Sabarno yang menyatakan bahwa kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu sah dan telah ditetapkan sebagai calon.

Surat kedua berasal dari firma hukum Luhut Pangaribuan yang bertindak atas nama Alzier Dianis Thabranie tentang somasi terhadap Mendagri Hari Sabarno berkaitan dengan pembatalan hasil pemilihan Gubernur Lampung tahun 2002 yang memenangkan Alzier.

Proses pemilihan ulang yang semula dibayangkan akan berlangsung alot dan ramai dengan interupsi itu ternyata berjalan lancar. Ancaman penolakan dan walk out dari beberapa anggota fraksi yang menolak pemilihan ulang itu tidak terjadi. e-ti

Data Singkat
Sjachroedin ZP, Gubernur Lampung (2004-2009) / Terpilih Jadi Gubernur Lampung | Direktori | Gubernur, polisi, kapolda

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here