Terpilih Ketua Fraksi Partai Golkar

[ Mohammad Hatta ]
 
0
134
Mohammad Hatta | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Setelah melalui proses voting tertutup, akhirnya Mohammad Hatta terpilih sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat. Hatta-yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua F-PG- menggantikan Marzuki Ahmad.

Dalam voting di Rapat Pleno Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Minggu (31/8) petang, Hatta menang mutlak atas lawan-lawannya. Dari jumlah total 82 suara, dia berhasil meraih 44 suara. Sementara Freddy Latumahina memperoleh 16 suara, Mohamad S Hidayat 15 suara, dan Aulia Rachman 7 suara. Total suara DPP Partai Golkar sendiri seharusnya 95, namun 13 orang di antaranya tengah berada di luar daerah.

Dua kandidat lain yang sebelumnya disebut-sebut sebagai calon kuat-yaitu Andi Mattalatta dan Rully Chairul Azwar-mengundurkan diri dari pencalonan. Andi menarik diri karena sudah pernah menjabat ketua fraksi, sedangkan Rully mundur karena kesibukannya dalam mempersiapkan Konvensi Pemilihan Calon Presiden Partai Golkar.

Untuk menjaga kekompakan F-PG di DPR dari suara-suara sumbang, Hatta menegaskan bahwa dirinya tidak akan segan-segan merekomendasikan recall (penarikan) anggota F-PG yang tidak mampu mengamankan kebijakan partai.

“F-PG tetap memberi ruang cukup luas untuk beda pendapat, tetapi tetap harus mengacu pada kebijakan partai yang sudah disepakati. Kalau anggota tidak bisa mengamankan kebijakan partai tetap harus mendapat teguran. Dalam UU Susduk pun hak recall sudah dihidupkan,” paparnya.

Guna meningkatkan kinerja F-PG di DPR, dalam waktu dekat Hatta bersama-sama DPP Partai Golkar akan menyusun alat kelengkapan fraksi yang mayoritas terdiri dari kader muda. “Saya akan banyak melibatkan kader muda. Paling tidak lebih dari 70 persen,” tandas Hatta, yang menyebut-nyebut nama Yahya Zaini sebagai tokoh muda yang juga calon kuat untuk menempati posisi sekretaris F-PG. e-ti, sut

Data Singkat
Mohammad Hatta, Ketua Fraksi Partai Golkar DPR / Terpilih Ketua Fraksi Partai Golkar | Direktori | golkar, Partai, fraksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here