Primus Inter Pares

[ Siswono Yudo Husodo ]
 
0
415
Siswono Yudo Husodo
Siswono Yudo Husodo | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Dalam berbagai kegiatan – sebagai pengusaha, politisi, menteri dan petani – ia selalu berorientasi demi kepentingan rakyat: Bekerja untuk rakyat! Tak pernah terbayangkan, pengabdiannya selama puluhan tahun itu, kemudian membuahkan harapan sebagian rakyat Indonesia untuk mencalonkannya sebagai calon presiden independen Pemilu Presiden 2004. Dia diharapkan menjadi calon presiden independen dan terbaik dari yang baik-baik, Primus Inter Pares. Walaupun kemudian, dia memilih menjadi Calon Wakil Presiden, bergabung dengan Amien Rais sebagai Calon Presiden.

Bila melalui Pemilu 2004 dia terpilih menjadi Presiden atau Wakil Presiden, sekali lagi dia akan semakin mengukuhkan pengabdian bekerja untuk rakyat. Bahkan bila tidak terpilih pun, dia bertekad akan tetap bekerja untuk rakyat. Suatu tekad yang menunjukkan ketulusan pengabdian diri demi kesejahteraan rakyat.

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini tak pernah mengajukan diri untuk dicalonkan jadi presiden. Pencalonannya bukan karena didorong ambisi pribadinya. Dia seorang yang sangat memahami diri, sebagai seorang yang tidak begitu terkenal dan tidak berambisi menjadi pahlawan.

Namun dalam upaya mencari tokoh nasional untuk memimpin bangsa ini, tanpa diperkirakan sebelumnya, dia menerima banyak sekali pernyataan yang disampaikan oleh perseorangan, para tokoh nasional, kelompok-kelompok masyarakat, organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan dan beberapa partai politik baik secara lisan (langsung) dan telepon maupun pernyataan tertulis, Pernyataan-pernyataan dukungan pencalonan tersebut datang dari berbagai daerah, dari Propinsi NAD, petani-petaniSMS, fax dan lain-lain yang menginginkannya menjadi Presiden RI melalui Pemilu 2004.

Pernyataan-pernyataan dukungan pencalonan tersebut datang dari berbagai daerah, dari Propinsi NAD, petani-petani di tanah Karo, petani-petani kelapa sawit di Riau, Jambi, tokoh-tokoh masyarakat di Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, seluruh propinsi di Jawa, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, juga tokoh-tokoh masyarakat di Papua. Sehingga, sungguh, dia merasa memperoleh kehormatan yang amat tinggi atas berbagai pernyataan itu.

Organisasi sosial kemasyarakatan yang telah secara terbuka mancalonkan dirinya adalah HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia). Di samping itu, SOKSI dan KOSGORO 1957 juga mencalonkannya untuk ikut menjadi capres melalui konvensi Partai Golkar. Namun, dia memilih kehendak sebagian besar yang memberi dukungan padanya sebagai calon independen, yang memungkinkannya dicalonkan oleh multipartai dan multiorganisasi dan golongan.

Partai Sarikat Indonesia (PSI), partai politik peserta Pemilu 2004, secara resmi telah menetapkannya sebagai calon presiden. Beberapa partai peserta Pemilu 2004 lain juga telah menominasikannya sebagai calon presiden. Seperti PKP Indonesia, Partai Penegak Demokrasi Indonesia, PNI Marhaenisme dan lain-lain. Selain itu, beberapa partai politik yang tidak lulus verifikasi KPU, juga tetap mendukungnya sebagai capres, yaitu Partai PDKB, PNI-BK 1927 dan Partai Kongres Pekerja Indonesia (PKPI).

Kendati memperoleh banyak dukungan, Siswono tidak dengan serta-merta mengiyakan. Dengan rendah hati dia mengatakan sebagai seorang warga negara biasa, yang kurang dikenal rakyat, dia sungguh menyadari tugas berat yang terbentang di depan untuk menjadi seorang calon presiden.

Sikap politiknya dalam menerima pencalonan presiden adalah untuk memberikan peluang yang seluas-luasnya pada seluruh rakyat Indonesia agar dapat memberikan pilihannya pada putra terbaik bangsa untuk menjadi Presiden RI melalui Pemilu 2004. Dia berharap, pada Pemilu Presiden 2004 ini, rakyat memiliki kesempatan untuk memilih calon yang merupakan Primus Inter Pares atau calon yang terbaik di antara yang baik-baik. Ch. Robin Simanullang,wawancara (Minggu, 14 Maret 2004).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here