Chitra Dewi
Chitra Dewi | Tokoh.ID

[SELEBRITI] Aktris Chitra Dewi, yang bernama asli Roro Patma Dewi Tjitrohadikusumo kelahiran di Cirebon, 26 Januari 1934, meninggal dunia sekitar pukul 14.00, Selasa 28 Oktober 2008 di kediamannya  Perumahan Puri Flamboyan, Rempoa, Tangerang, Banten. Jenazah aktris ternama yang terkenal lewat film Tiga Dara dimakamkan di Pemakaman Jabang Bayi, Cirebon, Rabu (29/10/2008).

Chitra Dewi, selama karirnya telah bermain dalam 80 film. Ia terkenal sejak membintangi film Tiga Dara arahan sutradara Usmar Ismail pada tahun 1956. Chitra dalam film drama musikal itu bermain bersama Mieke Wijaya, Indriati Iskak, dan Bambang Irawan. Artis tiga zaman ini memulai karirnya di seni peran melalui film ‘Tamu Agung’ pada 1955.

Ia juga berkecimpung dalam dunia sinetron. Antara lain tampil sebagai tokoh Ibu Sunarya dalam Sartika (1990), yang dibintangi Dewi Yull dan sinetron Sengsara Membawa Nikmat.

Chitra telah merah berbagai penghargaan. Antara lain, penghargaan Lifetime Achievement Award 2007 dari Festival Film Bandung (FFB) pada 2007. Saat itu, ia sudah sakit. Tidak selera makan. Sempat dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah selama dua minggu, akibat mal nutrisi. Sempat di rawat di rumah keluarga di Bandung. Kemudian kembali dibawa ke Jakarta dan tinggal di rumah anak keduanya di Jalan Adimarga Blok G1 nomor 8, Bintaro. Tapi selera makannya turun kembali. Hingga pada Sabtu (25/10/2008) benar-benar tidak mau makan. ti/tsl

Data Singkat
Chitra Dewi, Bintang Film / Aktris Film Tiga Dara | Selebriti | film, aktris

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here