Dikenal Hingga ke Negeri Jiran

[ Bunga Citra Lestari ]
 
0
144
Bunga Citra Lestari
Bunga Citra Lestari | Tokoh.ID

[SELEBRITI] Mengawali karir karena kebetulan ikut casting, perlahan tapi pasti Bunga Citra Lestari (BCL) berhasil memahat prestasi di dunia hiburan, baik di seni peran maupun tarik suara. Kini namanya tenar di Indonesia, bahkan hingga ke beberapa negeri jiran.

Perjalanan hidup dan karir Bunga Citra Lestari sejak kecil cukup menarik. Bunga, panggilan wanita rupawan ini lahir di Jakarta pada 2 Maret 1983. Dengan alasan satu dan lain hal, ia kemudian diboyong kedua orangtuanya ke Pulau Sumatera, tepatnya ke Palembang, Sumatera Setalan. Dari ibukota provinsi Sumatera Selatan itu, ia kemudian pindah ke Nanggroe Aceh Darussalam. Dari provinsi paling barat Indonesia itu, ia lalu dibawa pindah lagi ke Semarang. Dari ibukota Provinsi Jawa Tengah itu, ia akhirnya kembali lagi ke kota kelahirannya, Jakarta.

Di Jakarta, Bunga mulai belajar dunia modeling di sekolah modeling John Casablanca. Suatu hari saat dirinya masih duduk di bangku SMA, dia mengantar temannya ikut casting iklan obat sakit kepala.

Niat awalnya hanya mengantar teman, namun belakangan Bunga dibujuk untuk ikut casting juga. Tak disangka, justru ia yang kemudian terpilih untuk membintangi iklan tersebut. Lewat iklan itulah Bunga memulai debut perdananya di layar kaca.

Setelah itu, ia mulai menjajal dunia sinetron. Wajahnya pun tampil dalam berbagai judul sinetron remaja antara lain: ABG; Senandung Masa Puber; Dari Temen Jadi Demen; dan Penjaga Hati. Dari perannya di sinetron-sinetron itu, publik mulai mengenal lebih jauh sosok Bunga Citra Lestari.

Setelah namanya dikenal sebagai pesinetron remaja, perempuan yang juga sering disapa Unge ini kemudian mulai melebarkan sayapnya sebagai seorang entertainer, kali ini dengan mencoba peruntungannya di bidang tarik suara.

Menjadi penyanyi memang sudah merupakan impian Unge sejak lama, maka tak heran ketika Pas Band menawarkannya untuk berduet membawakan lagu Merindukanmu, tawaran tersebut tak disia-siakannya. Untuk seorang penyanyi pendatang baru, penampilan perdana putri pasangan Muchlis Rusli dan Emmy Syarif ini pun bisa dibilang lumayan.

Selanjutnya, setelah tampil bersama Pas Band, di tahun 2005, Bunga kemudian didaulat menyanyikan tembang Saat Kau Pergi yang merupakan original soundtrack film Dealova.

Karirnya sebagai penyanyi baru semakin menunjukkan peningkatan saat membawakan lagu Sunny yang dimuat dalam album perdananya, Cinta Pertama. Lagu ciptaan musisi Dewiq tersebut merupakan soundtrack film Cinta Pertama yang juga dibintangi Bunga dengan aktor Ben Joshua. Penjualan album barunya boleh dibilang termasuk luar biasa. Disebut demikian sebab baru dua minggu dilepas ke pasaran, album tersebut berhasil terjual hingga 75 ribu copy.

Bagi Bunga, untuk meraih impian sebagai penyanyi sekaligus pemain sinetron bukanlah hal yang mudah. Untuk menggarap album solo misalnya, ia harus mengorbankan banyak hal, termasuk mengorbankan waktu berkumpul bareng dengan keluarga.

Meski awalnya ia lebih dikenal sebagai pemain sinetron daripada seorang penyanyi, Bunga menampik anggapan bahwa dirinya aji mumpung. Untuk membuktikan keseriusannya meniti karir sebagai penyanyi, maka sebelum masuk dapur rekaman, dia mematangkan kemampuan vokalnya lebih dulu dengan berguru pada Elfa Secoria.

Dalam perjalanan karirnya di dunia tarik suara, Bunga juga sempat berduet dengan mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso. Mereka sukses membawakan lagu bertema cinta berjudul ‘Aku dan Dirimu’ dalam album The Best of Ari Lasso.

Di usia 25 tahun, Bunga melepas masa lajangnya. Ia dipersunting aktor keturunan Inggris-Melayu asal Malaysia bernama Ashraf Daniel Sinclair pada 8 November 2008. Dua pesohor beda bangsa ini menikah di Masjid Al Bina, Senayan, Jakarta Selatan dengan mas kawin sepasang anting berlian 1,5 karat. Resepsi pernikahan digelar pada 9 November 2008 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta dengan mengusung adat Padang. Ketika itu, Bunga mengenakan Suntiang, mahkota khas Minang.

Kesan mewah tak dapat dilepaskan dari perhelatan ini karena di samping diadakan di Indonesia, resepsi pernikahan juga digelar di Malaysia selama dua hari. Dengan menggunakan pesawat jet pribadi hadiah dari ayah Ashraf, Bunga dan Ashraf berangkat ke Malaysia pada 12 November 2008.

Resepsi hari pertama, acara mengusung tema Inggris sesuai adat negara ayah Ashraf yang berasal dari Inggris dan digelar 14 November di The Saujana Kuala Lumpur Hotel, Subang. Sedangkan resepsi hari kedua digelar khusus untuk keluarga dekat pada 15 November di Klub Golf Petaling Jaya.

Setelah menikah, karir Bunga tak lantas merosot. Ia memulai debut film perdananya bersama sang suami dalam film Saus Kacang. Di film komedi romantis yang rilis 7 Januari 2009 itu, Bunga juga didapuk untuk menyanyikan soundtrack-nya.

Belakangan, nama Bunga tidak lagi hanya terkenal di Indonesia, namun hingga di beberapa negeri jiran seperti Malaysia, negara asal suaminya. Bukan semata karena berita pernikahannya dengan Ashraf tapi karena prestasinya di bidang musik. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang diberikan ajang Anugerah Planet Muzik 2009 (APM) kepada Bunga sebagai Artis Wanita Terbaik 2009. APM merupakan acara penghargaan rutin tahunan dan menjadi barometer musik di empat negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Tentang raihan prestasi itu, BCL mengaku tidak menyangka sekaligus merasa bangga. Menurutnya, masuk sebagai nominasi saja sudah merupakan kebanggaan tersendiri baginya. Di ajang bergengsi ini, BCL berhasil mengalahkan penyanyi solo wanita pesohor lainnya yang lebih lama eksis di dunia tarik suara.

Bertepatan dengan perayaan hari Kartini, 21 April 2009, Bunga juga menerima penghargaan sebagai salah satu dari 100 Perempuan Indonesia Terinspiratif. Meski disibukkan oleh kegiatannya di dunia tarik suara, tapi Unge juga tidak melupakan karir beraktingnya. Pada awal Oktober 2009, Unge juga disibukkan kegiatan syuting. Ia kembali ke layar kaca dengan membintangi sinetron stripping, Bayu Cinta Luna. Di sinetron yang tayang di SCTV ini Bunga beradu akting dengan pesinetron muda Chiko Jericco.

Memasuki 2010, BCL terus maju meraih impian untuk berkiprah di dunia internasional. Beberapa waktu lalu, BCL berduet dengan Christian Bautista, penyanyi asal Filipina lewat lagu Be Careful of My Heart.

Rumah tangga Bunga dan Ashraf belakangan semakin berwarna dengan kelahiran putra pertama mereka yang diberi nama Noah Sinclair pada 22 September 2010 di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Jakarta Selatan. Nama Noah sendiri diambil dari nama Nabi Nuh yang berarti menenangkan. e-ti | muli, red

Data Singkat
Bunga Citra Lestari, Penyanyi, aktris / Dikenal Hingga ke Negeri Jiran | Selebriti | Penyanyi, cantik, artis, model

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here