Dari BPKP dan MTI ke KPK

[ Amien Sunaryadi ]
 
0
96
Amien Sunaryadi
Amien Sunaryadi | Tokoh.ID

[ENSIKLOPEDI] Amien Sunaryadi, Ak, MPA, CISA, mantan Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, terpilih menjadi Wakil Ketua/Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui mekanisme pemungutan suara usai uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang dilakukan Komisi II DPR di Gedung MPR/DPR Jakarta, Selasa 16/12/2003.

Lima pimpinan KPK terpilih adalah Taufiequrachman Ruki, mantan polisi/anggota DPR RI (43 suara), Amien Sunaryadi, mantan BPKP/Masyarakat Transparansi Indonesia (42 suara), Sjahruddin Rasul, mantan Deputi BPKP (39), Tumpak Hatorangan Panggabean, mantan jaksa (26), dan Erry Riyana Hardjapemekas mantan Dirut PT Timah (24).

Voting dilakukan dua kali oleh 44 dari 61 anggota Komisi II. Sebanyak 17 anggota tidak diperkenankan menggunakan hak untuk memilih karena ketidakhadiran sampai tiga kali dalam rapat-rapat sebelumnya.

Voting pertama dilakukan untuk memilih lima dari sepuluh nama calon, sedangkan yang kedua untuk memilih satu ketua dari lima nama yang terpilih. Pada voting pertama, masing-masing anggota Dewan memilih maksimal lima nama dari sepuluh calon.

Perolehan suara lima calon lainnya yang tidak terpilih pada voting pertama itu adalah Moh Yamin (22), Iskandar Sonhadji (7), Marsillam Simandjuntak (6), Chairul Imam (4), dan Momo Kelana (1).

Berdasarkan voting kedua, Taufiequracman Ruki terpilih menjadi Ketua KPK dengan mengantongi 37 suara. Perolehan suara empat lainnya adalah Amien Sunaryadi (6), Sjahruddin Rasul (1), Tumpak Hatorangan Panggabean (0), dan Erry Riyana Hardjapamekas (0).

Amien Sunaryadi, Ak, MPA, CISA lahir di Malang, 23 Januari 1960. Suami dari Sri Luthfia Suryandari (Lahir: Jombang, 26 Januari 1959) dan ayah dari tiga orang anak ini sebelumnya aktif sebagai Ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia (September 2003 – Januari 2004).

Pada Agustus 1999-September 2003 menjadi Anggota Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI). September 1999 – Agustus 2004 sebagai Program Director Lembaga Pengkajian Good Governance (LPGG). Juli 2003 – Desember 2003 sebagai Senior Manager pada unit Dispute Analysis and Investigations PT PricewaterhouseCoopers FAS.

Pada Oktober 2000 – Juni 2003 menjabat manager pada unit Dispute Analysis and Investigations PT PricewaterhouseCoopers FAS. Tahun 1995 – 1996 menjabat manager (part timer) Husni, Mucharam, and Rasidi Public Accountant.

Sebelumnya, Maret 1982 – Oktober 2000 menjabat Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (Karir selama menjadi PNS di BPKP (d/h Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara) dimulai sejak dari Calon PNS kemudian menjadi Ajun Akuntan, Akuntan atau Auditor, Ketua Tim, Kepala Sub Bidang (Eselon IV) dan akhirnya menjadi Kepala Sub Direktorat, Eselon III).

Sejak 1996 sampai sekarang menjadi Anggota Ikatan Akuntan Indonesia, nomor 91006901. Tahun 1998 mengikuti program pendidikan jangka pendek (satu bulan) The Corruption and Anti-Corruption Training yang diselenggarakan oleh National Center for Development Studies (NCDS) pada Australian National University di Canberra, Australia. Pendidikan ini berfokus pada analisis korupsi secara mendalam dan konsep memeranginya secara luas.

Tahun 1996 memperoleh Certified Information Systems Auditor (CISA) dengan nomor 9615844. Sertifikasi ini diberikan oleh Information System Audit and Control Foundation, USA. Tiga tahun sebelumnya (1993) meraih Master of Professional Accountancy (MPA), program S-2 dari School of Accountancy pada College of Business Administration, Georgia State University, Atlanta. Sebagai tambahan pada studi ini, diperoleh tambahan pendidikan yang luas di bidang sistem informasi dan manajemen SDM.

Pada 1988 meraih Akuntan (Ak), Program Diploma IV Spesialisasi Akuntansi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Jakarta. Register negara akuntan nomor D-6887. Sebelumnya (1982) telah meraih Ajun Akuntan (AAk), Program Diploma III Spesialisasi Akuntansi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Jakarta.

Dia beralamat di Jl. Telaga Sarangan I/329, RT-08/RW-08
Perumnas Rawalumbu Utara, Kel. Pengasinan, Kec. Rawalumbu, Bekasi – 17115, Telp./Fax: 021-8204787 HP : 0811-161029. E-mail: amien.sunaryadi@kpk.go.id. mti

*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)

Data Singkat
Amien Sunaryadi, Mantan Pimpinan KPK / Dari BPKP dan MTI ke KPK | Ensiklopedi | Akuntan, KPK

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here