Pemilihan Umum

 
0
37
Pemilihan Umum
Kandidat Capres | Majalah Tokoh Indonesia 09

[OPINI] – Setelah reformasi, ini Pemilihan Umum (Pemilu) kedua. Pemilu pertama, tahun 1999, yang dinilai paling demokratis setelah tahun 1955, telah melahirkan anggota legislatif ‘reformis’. Dibilang reformis, karena mereka umumnya bersuara lantang mengkritisi eksekutif, kendati tak jarang kebablasan mencampuri urusan eksekutif sangat jauh. Salah satu produk mereka yang fenomenal adalah amandemen UUD 1945, yang antara lain mengenai sistem Pemilu langsung.

Tapi ada juga yang ironis, yakni korupsi malah marak di lembaga legislatif, mulai dari tingkat pusat sampai Daerah Tingkat I dan Daerah Tingkat II. Mereka sangat mudah melupakan janji-janji saat kampanye dulu untuk memberantas KKN, sebagai salah satu agenda utama reformasi.

Kemudian, kini Pemilu kedua, sudah tiba. Para petinggi partai, sama seperti lima tahun sebelumnya saat kampanye, kembali mengumbar janji yang persis sama, termasuk memberantas KKN, yang ternyata tetap marak.

Sementara rakyat hanya bisa berharap, kiranya hasil Pemilu kali ini membuahkan hasil yamg lebih baik. Sebab Pemilu 2004 ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Kali ini rakyat dapat memilih langsung tokoh yang diinginkannya. Walaupun masih bersifat banci. Sebab juga harus memilih (coblos) tanda gambar partai, bahkan tanpa memilih tanda gambar partai, pilihan kepada nama tidak berlaku. Tapi, itu pun sudah syukur, karena bila ada tokoh yang dicintai rakyat, biar pun ia di nomor urut paling bawah, sudah bisa terpilih.

MAJALAH TOKOH INDONESIA 09 ? PROFIL 20 KANDIDAT PRESIDEN: AA. Gym = Abdurrahman Wahid = Aburizal Bakrie = Akbar Tandjung, Amien Rais = Hamzah Haz, Hasyim Muzadi = Hidayat Nur Wahid, = Jusuf Kalla = Megawati = Nurcholis Madjid = Prabowo S = Ruyandi Hutasoit = Siswono Yudo Husodo = Siti Hardiyanti = Surya Paloh = Susilo B Yudhoyono = Wiranto = Yusril Ihza M = Zainuddin MZ. = OPINI TOKOH: Rauf Purnama = DEPTHNEWS: Timang-Menimang Pasangan Capres-Cawapres = KAPUR SIRIH: Pemilihan Umum Kemudian, selepas Pemilu Legislatif, segera pula dilakukan Pemilu Presiden. Bila sebelumnya, MPR hasil Pemilu yang berhak memilih presiden, saat ini rakyat yang memilih langsung calon presiden yang diinginkannya.

Pertanyaannya, apakah rakyat sudah siap menggunakan haknya secara tepat dan bermutu? Jangan-jangan rakyat tidak begitu banyak mengenal kiprah para tokoh yang akan dipilihnya.
Sehubungan dengan itu, sudah saatnya rakyat diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengenali para tokoh yang ikut dalam kontes Pemilu itu.

Sementara para tokoh, sepatutnya secara aktif dan sadar membuka akses kepada publik untuk mengenali dirinya lebih jauh. TokohIndonesia Dotcom, yang tengah dibangun menjadi Ensiklopedi Tokoh Indonesia, kendati masih ibarat sebuah titik di dunia maya dan media cetak, telah mencoba memberi sumbangsih, sebagai media publik yang mudah diakses menampilkan profil ribuan tokoh di negeri ini.

Kali ini, dalam Edisi Khusus Majalah Tokoh Indonesia, kami menyajikan profil singkat 20 kandidat presiden yang diperkirakan akan meramaikan Pemilu Presiden. Kisah lebih lengkap para kandidat ini, tersaji di dalam website TokohIndonesia DotCom. Mudah-mudahan berguna bagi publik sebelum menentukan pilihan. Jakarta, April 2004 *Redaksi ?Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia 09

Tokoh Terkait: Siswono Yudo Husodo, Wiranto, | Kategori: Opini | Tags: Kapur Sirih, Majalah Tokoh Indonesia, Pemilihan Umum, Kandidat, Capres

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here