Pelayan dan Pembelajar Indonesia

[ Jonathan Parapak ]
 
0
553

08 | Sekjen Depparpostel

Jonathan Parapak
Jonathan Parapak

Parapak menjadi pimpinan puncak di Indosat sampai tahun 1991, pada saat itu ia diminta oleh Pemerintah melalui Menteri Susilo Soedarman menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Depparpostel).

Kembali Parapak tanpa ragu menerima tawaran tersebut wa1aupun gaji dan remunerasi sangat kecil dibanding apa yang diperoleh sebagai Dirut Indosat. Ia pun tidak mempersoa1kan golongan yang diberikan, hanya III D, walaupun diberi pangkat lokal IV D. Semua itu ia syukuri dan terima sebagai kesempatan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Parapak menjadi Sekjen Depparpostel hampir 8 tahun, suatu periode yang cukup lama, mendampingi empat menteri, yaitu almarhum Susilo Soedarman, Joop Ave, A. Latief dan Marzuki Usman.

Ka1au ia meningga1kan Indosat sebagai Direktur Utama, dengan gedung Indosat yang megah, kinerja perusahaan dan sumber daya manusia yang cukup membanggakan, maka di Departemen Parpostel ia mulai pula dengan partisipasi dalam pembaruan dan modernisasi.

Selama jabatannya, Depparpostel akhirnya memiliki kantor yang paling bergengsi di Merdeka Barat, pengembangan sumber daya manusia yang profesional melalui kerja sama dengan Bank Dunia, mendukung menteri memajukan pariwisata Indonesia pada pentas dunia. Ia juga mengembangkan konsep-konsep baru untuk reformasi sektor telekomunikasi dan pos serta membina koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Selama menjabat sebagai Sekjen, Parapak juga dipercaya sebagai Presiden Komisaris PT Indosat dan PT Inti. Sehingga ia termasuk sa1ah satu insan telekomunikasi dan teknologi informasi yang dikaruniai kesempatan mengabdi dan berperan pada seluruh tatanan pembinaan dan pengelolaan telekomunikasi di Indonesia. Tak mengherankan apabila sampai saat ini namanya masih sangat terkait dengan modemisasi pertelekomunikasian di Indonesia.

Selepas menjabat Sekjen Depparpostel dan Depparsenibud, ia masih berkiprah sebagai chairman dan Preskom di beberapa perusahaan lingkungan Lippo – AcrossAsia Multimedia (Indonesia). Antara lain di PT Broadband Multimedia (Kabelvision), PT AsiaNet Multimedia, PT Natrindo Selular (Lippo Telecom). Serta menjabat Wakil Rektor Universitas Pelita Harapan.

Di sektor Pariwisata, anak desa ini sangat terlibat dalam pengembangan berbagai konsep dan pemikiran yang terkait dengan kepariwisataan nasional. Antara lain gagasan bebas visa, Pariwisata Inti Rakyat, dan High Touch & High Tech Tourism. Bersambung Ch. Robin Simanullang

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here