Pelayan dan Pembelajar Indonesia

Jonathan Parapak
 
0
571

09 | Pengembang Sumber Daya Manusia

Jonathan Parapak
Jonathan Parapak

Salah satu aspek yang selalu mendapat perhatian khusus Parapak adalah pengembangan sumber daya manusia. Tampaknya pengalaman pribadinya sangat berperan dalam memotivasinya untuk memajukan sebanyak mungkin anak bangsa.

Di Indosat, masalah pendidikan dan latihan sangat diberi prioritas sehingga profesional muda pun, kalau dinilai siap, diberi tanggung jawab. Ia sendiri menjadi pimpinan puncak pada saat berumur 36 tahun. Di Depparpostel, ia gigih mendukung pembaruan, perluasan dan penyempurnaan pendidikan dan latihan. Ia ikut mendirikan Akademi Pariwisata di Medan dan Makassar. Ia menggagas program beasiswa untuk pendidikan telekomunikasi dan teknologi informasi.

Ia juga menjadi penggagas, penyantun Sekolah Menengah Umum unggulan di desa, dan selalu berusaha mengusahakan beasiswa bagi anak-anak berprestasi yang kurang mampu. Ia pernah mengajar di Universitas Indonesia, Lemhannas, Universitas Pelita Harapan. Ia anggota dan pimpinan Dewan Penyantun dari berbagai lembaga pendidikan. Tampaknya baik dari aspek teknologi, manajemen perusahaan, maupun administrasi pemerintahan, Parapak melihat betapa strategisnya sumber daya manusia profesional. Ia meyakini bahwa manusialah yang teramat penting, menjadi subjek dan objek strategis dalam seluruh upaya pembangunan.

Selain pendidikan formal, Parapak juga mengikuti berbagai pendidikan khusus, di antaranya: Diploma Management Problem Analysis & Decision Making pada Kepner -Trigoe Australia, 1974. Maret 1975, Diploma Affective Management Communica- tion pada Tabbot Smith & Association. Mei-Juni 1975, Diploma Dynamic Management for International Executives di University of Syracuse New York.

Kemudian, Diploma Management
Seminar, Oktober 1976 pada Da1e Carnegie & Associates. Oktober 1978, Diploma Marketing pada ITf -Communications Group New York. Dua tahun setelah itu, ia memperoleh Sertifikat “Manajemen Keuangan” pada SGV Jakarta; Mendapat ranking No.1 Penataran Type A P-4, 1981; Mengikuti Penataran Manggala P-4, 1995. Sejak 1970, aktif mengikuti berbagai seminar manajemen telekomunikasi, komputer, informasi, dan pariwisata di dalam dan luar negeri.

Memperhatikan jenjang pendidikan forma1 dan pendidikan khusus yang pemah digeluti, Parapak bagaikan atlet yang sukses berselancar di atas gelombang perubahan. Penga1aman selaku atlet peselancar itu mewarnai kiprahnya dalam berbagai tugas yang pernah dan sedang diembannya. Bersambung Ch. Robin Simanullang

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini