BIOGRAFI TERBARU

Continue to the category
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
29.7 C
Jakarta
Populer Hari Ini
Populer Minggu Ini
Populer (All Time)

Erick Thohir Pimpin Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19

Lainnya

Jakarta – Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19 terbentuk setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang di dalamnya mengatur pembentukan tim tersebut.

Menteri BUMN Erick Thohir dipilih sebagai Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID-19. Sebagai Ketua Pelaksana Tim tersebut, Erick Thohir langsung mulai bekerja pada Senin (20/7) dengan menggelar rapat bersama Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo dan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Budi Gunadi Sadikin.

Erick Thohir menegaskan bahwa posisinya di tim tersebut bukan sebagai BUMN melainkan sebagai tim yang harus mensinergikan program-program yang ada. Ia menilai bahwa langkah pemulihan ekonomi serta penanganan COVID-19 harus berjalan seiringan dalam kondisi seperti sekarang.

“Saya rasa dengan kondisi hari ini kedua hal tersebut pasti harus berjalan seiringan,” ujar Erick Thohir saat memberikan pernyataan di Kementerian BUMN, Jakarta. Ia mengatakan tidak ingin misalnya istilah normal baru yang kemudian disalahartikan sehingga masyarakat menjalankan aktivitas secara bebas tanpa melakukan disiplin protokol kesehatan.

Akibatnya ketika terjadi gelombang kedua pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, maka sektor perekonomian nasional yang kembali terimbas oleh pandemi tersebut. Ini terbukti dari beberapa bisnis yang saat ini belum dibuka, seperti bisnis perfilman dan para musisi kafe kesulitan kembali tampil sebagai dampak dari COVID-19.

Terkait mana yang harus dijalankan terlebih dahulu apakah penanganan COVID-19 atau pemulihan ekonomi, Erick Thohir menjawab bahwa kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan mana yang lebih awal.

“Hal-hal tersebut saya rasa semua ada irisannya, setipis apapun irisannya kita harus lakukan secara bersama. Karena itu mengapa Bapak Presiden Joko Widodo memutuskan di bawah kepemimpinan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, kedua tim yakni Satgas COVID-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi digabungkan agar seiring senada supaya semuanya baik,” ujar Erick Thohir.

Ia mengatakan dari Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo nanti akan ada 2-3 program dan dari Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Budi Gunadi Sadikin juga ada program-program lainnya.

“Program-program ini kemudian disinergikan. Seperti contohnya kondisi di Jawa Timur tentu tidak hanya program kesehatan tapi juga program perekonomian harus berjalan seiringan tidak bisa dilakukan secara terpisah. Karena kita tidak mau juga kepastian tadi daya beli masyarakat yang harus ditingkatkan, tetapi pasokan pangannya dan hal-hal lainnya harus tersedia dalam kondisi yang harus disepakati,” ujar Ketua Pelaksana Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan COVID 19 tersebut.

Hal-hal ini, harus berjalan seiringan. Jangan sampai, kata dia, seperti dulu ketika pemberlakuan PSBB di Jakarta, hasil-hasil produksi Krakatau Steel di Banten tidak bisa dikirimkan karena truk pengangkutnya tertahan.

Beli Buku Hita Batak A Cultural Strategy

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Beli Buku The Story of Simplicity Mayjen TNI Dr Suyanto

Terbaru

Pudarnya Marwah Hukum di Tengah Masyarakat

Hukum di Indonesia, yang seharusnya menjadi tonggak keadilan dan kepastian, kini sering disalahgunakan oleh mereka yang berkuasa dan berkepentingan....
26,568FansSuka
37,700PengikutMengikuti
645PengikutMengikuti
1,720PelangganBerlangganan
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 48 PABU

Berita Lainnya