Horas Tondi Madingin, Pir Tondi Matogu

Majalah Horas Indonesia 09

[ Ch. Robin Simanullang ] [ Asal Kata dan Nama Batak ] [ Dialog Raja Adat Bahalbatu dengan Misionaris ] [ Asal Kata Danau Toba, Tapanuli dan Tanah Batak ] [ Epifani Tahun Kalender Batak ]
 
0
608
Majalah Horas Indonesia 09

Salam Horas Batak: Horas Tondi Madingin, Pir Tondi Matogu (Keras-kuat Roh-jiwa Teduh, Keras-tungsten Roh-jiwa Teguh-liat); Keras tapi Teduh, Tungsten tapi Liat: The inner soul power of the Batak; yang semestinya menjadi citradiri setiap orang Batak. Jika kita simak, betapa tingginya kehidupan kerohanian leluhur Batak. Dalam salam Horas, tidak mengedepan­kan keselamatan dan kekuatan jasmani melainkan keselamatan dan kekuatan rohani (partondion).

Ucapan Horas itu sekaligus intrinsik menunjukkan kepri­badian dan karakter Batak: Keras-kuat berjiwa teduh-sejuk, keras-kuat berjiwa teguh-liat. Namun, tampaknya karakter ini sudah sangat tergerus. Proses penggerusan ini sangat masif sejak pengkafiran berlebihan orang Batak pada masa penjajahan dan mission Barat. Orang Batak ‘kehilangan’ roh dan kepri­badiannya.

Orang Batak diframing sebagai suku bangsa paling kasar bahkan dicap sebagai kanibalis paling biadab. Namun syukur, nilai-nilai kerohanian dan karakter Batak tidak benar-benar terkubur. Bahkan ada kecenderungan kebang­kitan kembali di tengah gempuran peradaban modern yang hedonis.

Salah satu yang paling menarik adalah kebangkitan semangat, jiwa, karakter pemuda Batak yang terhimpun dalam perkumpulan Pemuda Batak Bersatu. PBB kini berupaya tampil dengan dengan sosok The Real Batak yakni Keras Berjiwa Teduh. Pemuda Batak Bersatu adalah organisasi kema­sya­rakatan Batak yang pa­ling real, nyata merakyat mempersatukan seluruh puak Batak; dan paling responsif atas berbagai masalah sosial, terutama kedukaan dan kesulitan lainnya, yang dihadapi masyarakat Batak di seluruh pelosok Tanah Air dan mancanegara saat ini. Ormas pemuda ini bersemboyan solidaritas, rukun, toleran dan bergo­tong-royong, juga sa­ngat komit menjunjung tinggi partondion dohot sahala hadirion Batak (kerohanian dan kewibawaan jatidiri Batak); sebagaimana tersimpul intrinsik dalam Salam Horas Batak: Horas Tondi Madingin, Pir Tondi Matogu; yang menjadi padan (janji, ikrar) citradiri setiap anggota Pemuda Batak Bersatu; yang juga terkandung dalam padanan kata nama inisiator, pendiri dan ketua umumnya: Pir Lambok (Lambok Pirnando Sihombing).

Maka kami pun berkhid­mat mengapresiasi ormas ini sebagai reinkarnasi-reborn-penerus Jong Bataks Bond yang juga terpancar dalam pekik Salam Perjuangan PBB: Pemuda Batak Bersatu: Satu Rasa Satu Jiwa; dan NKRI: Harga Mati. Horas Indonesia Raya!

 

Penulis Ch. Robin Simanullang, Tinatap, Majalah Horas Indonesia Edisi 09

 

Huhuasi

Ideologi Batak

Advertisement

Horas Indonesia! Barita Uluan Edisi 09 kali ini menyajikan keberadaan perkumpulan Pemuda Batak Bersatu (PBB) yang menyelenggarakan Rakornas Kedua, 21-22 Juli 2023. Ormas Pemuda Batak yang the real Batak dengan prinsip ‘Keras Berjiwa Teduh’.

Pada Edisi 09 ini, kami juga mengawali Rubrik Palito yang menyajikan tentang ideologi Trisila Batak. Dilanjutkan Barita Has mengangkat kiprah cendekia muda Batak Hokky Situngkir sebagai ikon pera­daban saintifik. Kemudian Rubrik Garejanta tentang Profesionalisme Lansia HKBP dan pelantikan pengurus PGI Tapteng.

Lalu, Rubrik Diaspora bagaimana PBB Penang Malaysia Marsombu Sihol. Rubrik Toleransi menyajikan Kualitas Toleransi Al-Zaytun yang mengagetkan kelompok garis keras. Rubrik Punguanta tentang kegiatan Panitia Partangiangan Bolon SRO sedunia. Rubrik Sohot menampilkan prosesi pernikahan Yakub Hasibuan de­ngan Jessica Mila dalam upacara adat Batak yang viral.

Rubrik Laponta, menyajikan Hezron Resto yang lebih mengandalkan kualitas pelayanan. Juga Rubrik Resensi, mengulas kesahajaan hidup dalam buku The Story of Simplicity, di tengah tren hedonis.

Selamat membaca!

Redaksi

 

Index  Majalah Horas Indonesia Edisi 09

 

Huhuasi:

Ideologi Batak ………………….……. 4

Tinatap:

Horas Tondi Madingin …… 5

 

Barita Uluan:

:: Pemuda Batak Bersatu, The Real Batak: Keras Berjiwa Teduh. Ormas Batak yang pa­ling real, nyata merakyat mempersatukan seluruh puak Batak; dan paling responsif atas berbagai masalah sosial, terutama kedukaan dan kesulitan lainnya, yang dihadapi masyarakat Batak di seluruh pelosok Tanah Air dan mancanegara saat ini. Ormas pemuda ini sangat komit menjunjung tinggi partondion dohot sahala hadirion Batak. ………………………………………………………… 7

:: Lahir dari Rahim Saparsitaonan …………………………………….. 12

:: Tungsten Berjiwa Liat, Pir Alai Lambok ………………… 17

:: Empat Pilar PBB ………………………………………………………………………………… 23

:: Batak Bersatu Satu Rasa Satu Jiwa …………………………….. 30

PALITO:

:: Ideologi Trisila Batak: Suku Bangsa Batak memiliki nilai-nilai religius, filosofis dan ideal, sebagai ideologi yakni Tolu Dasor (Tiga Dasar) atau Trisila yang me­rupakan representasi Tritunggal Debata dan tiga atmosfir mikrokosmos serta tiga eksistensi filosofis manisia (Batak) ………………………………. 34

Barita Has:

:: Hokky Peradaban Saintifik: Putra Batak, Hokky Situngkir cendekia muda yang memiliki kesukaan mendalam pada sains, spektrum kajian yang luas  ………….…. 39

Garejanta:

:: Profesionalisme Lansia HKBP: Senam Bersama dan Pembekalan Lansia HKBP Distrik VIII DKI Jakarta dihadiri lebih dari seribu orang di Buperta Cibubur, Senin (1/5/2023) ………………………………………. 44

Diaspora:

:: PBB Penang Marsombu Sihol …….…. 48

Toleransi:

:: Kualitas Toleransi Al-Zaytun …….. 49

Punguanta:

:: Partangiangan SRO Sedunia  …..…. 54

Sohot:

:: Jessica Mila Enjoy Jadi Orang Batak: prosesi adat Batak sehingga dia secara adat resmi sebagai orang Batak ……………………………………………..…. 57

Laponta:

:: Hezron Resto  ..………………………………………………. 60

Resensi:

:: Kisah Kesederhanaan  ..………………………. 64

 

Tata Letak: Esero Design

Foto-Foto: Dokumen Horas Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here