Ratu Jamu Kecantikan Indonesia

[ Mooryati Soedibyo ]
 
0
381

03 | Evolusi Jamu Kecantikan

Mooryati Soedibyo
Mooryati Soedibyo | Tokoh.ID

Mustika Ratu adalah potret keberhasilan evolusi pengolahan jamu. Jamu menjadi bagian dari gaya hidup modern yang tak terpisahkan.

Khasiat jamu yang demikian baik merawat kesehatan dan kecantikan tubuh, dimunculkan dalam beragam produk dan kemasan yang menarik. Jamu, diramu dan digali dari kekayaan keanekaragaman tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia. Jamu tak lagi harus diminum bergelas-gelas untuk merawat kesehatan dan mempercantik tubuh, misalnya. Melainkan, bisa dalam bentuk ekstrak pil yang merupakan intisari beragam jenis dan jumlah tumbuh-tumbuhan.

Di tangan ahli Mooryati Soedibyo jamu menjadi sama bergengsinya dengan produk obat-obatan dan kosmetika kecantikan modern. Telah diolah berdasarkan modernisasi teknologi dan industrialisasi, sehingga jamu bisa berbentuk ekstrak dalam kemasan pil. Jamu tetap mempertahankan identitas dan “merek dagangnya” sebagai jamu. Sebab di situlah letak kekayaan jamu sebagai warisan nenek moyang yang luhur, sekaligus membedakannya dengan obat-obat dan produk kecantikan lain keluaran industri farmasi. Pada jamu terdapat pula pengagungan masyarakat akan kepandaian nenek moyang memelihara tubuh dan kecantikan diwariskan secara turun-temurun khususnya di lingkungan keraton.

Penggunaan identitas dan sebutan jamu adalah jaminan lain lain tersedianya pangsa pasar luas. Sebab ini menyangkut kepercayaan masyarakat terhadap khasiat jamu yang tak lekang oleh panas dan tak lapuk oleh hujan. Malah, di abad globalisasi semakin berkembang kebiasaan dan gaya hidup baru untuk kembali ke alam, back to nature di seluruh dunia dengan menggandrungi produk yang terbuat dari bahan alami dan proses produksi tidak merusak kelestarian alam. Jadilah masyarakat kalangan bawah hingga elit menjadi pengguna fanatik jamu untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan tubuh.

Mooryati Soedibyo berhasil mempersandingkan kesejajaran jamu dengan obat-obatan modern bukan secara mudah. Produk jamu kosmetika tradisional keluaran Mustika Ratu selalu dipertahankan dibuat dari bahan alami. Hampir seluruh produk Mustika Ratu diramu sesuai resep leluhur, pusaka keraton Surakarta Hadiningrat yang diwariskan turun temurun. Perbedaannya adalah, produk-produk jamu itu kini dibuat dengan menggunakan tehnik dan mesin modern yang memenuhi standar ketat kualitas dan keamanan. Bersambung hp-tsl

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here