Ratu Jamu Kecantikan Indonesia

[ Mooryati Soedibyo ]
 
0
381

05 | Skala Industri Jamu

Mooryati Soedibyo
Mooryati Soedibyo | Tokoh.ID

Titik balik penggunaan mesin ini menandai dimulainya ekspansi perusahaan. Sebab dalam waktu singkat sudah berdiri bangunan semi permanen dari kayu di Ciracas, Jakarta Timur, yang kini digunakan sebagai lokasi pabrik.

Sedikit demi sedikit modal yang terkumpul dari keuntungan usaha digunakan untuk mendirikan dua jalur produksi baru, dengan luas masing-masing 2.000 meter persegi. Akhirnya pada 8 April 1981 resmilah pabrik PT Mustika Ratu beroperasi, diresmikan sendiri oleh Menteri Kesehatan RI dr. Soewardjono Soeryaningrat dengan dukungan 150 orang karyawan, berlokasi di Ciracas, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Ini adalah pabrik kosmetika terbesar dan terlengkap pertama di Indonesia ketika itu. Dan berselang empat tahun kemudian perusahaan mulai menggunakan mesin khusus untuk memproduksi minuman segar (Beras Kencur). Kali ini, mesin baru PT Mustika Ratu memperoleh kepercayaan besar diresmikan pemakaiannya oleh Ibu Negara, Ny Tien soeharto.

Pabrik ini setiap tahun memperoleh kunjungan kehormatan dari Miss Universe, ratu sejagat yang setiap kali ratu yang baru terpilih selalu diundang hadir ke Indonesia menyaksikan pemilihan Putri Indonesia. Tentang keistimewaannya sebagai pemegang hak franchise Miss Universe, Miss World, dan Miss Wolrd University, demikian pula sebagai pendiri dan ketua umum Yayasan Putri Indonesia yang tiap tahun mengadakan ajang pemilihan Putri Indonesia, banyak membantu mempromosikan produk-produk kecantikan Mustika Ratu.

Di ajang pemilihan Putri Indonesia Mooryati memadukan kegiatan mempromosikan produk-produk kosmetika Indonesia, membantu program pariwisata, serta menunjukkan tingginya kepedulian sosialnya di usia tua yang bukan hanya tetap cantik dan awet muda namun makin gesit melihat peluang bisnis. Kepada Putri Indonesia, misalnya, disebutkannya secara ketat diberikan penilaian tiga hal penting yakni tentang kecantikan, kecerdasan, dan perilaku yang jika disederhanakan menjadi tiga B: beauty, brain, dan behaviour. Ketiga unsur tak bisa dipisahkan selain cantik Putri Indonesia juga harus cerdas dan tidak boleh sombong.

Kepada setiap Putri Indonesia Mooryati menugaskan bicara dan menjadi duta kecantikan produk-produk kosmetika Mustika Ratu, tampil di berbagai ajang seminar ekonomi, teknologi, pariwisata, dan politik, menjelaskan masalah komoditi ekspor Indonesia pada ajang-ajang pameran produksi. Bersambung hp-tsl

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here