Ratu Jamu Kecantikan Indonesia

[ Mooryati Soedibyo ]
 
0
380

09 | Siapkan Suksesi Mustika Ratu

Mooryati Soedibyo
Mooryati Soedibyo | Tokoh.ID

Hampir 30 tahun sudah Mooryati Soedibyo mendirikan PT Mustika Ratu, Tbk. Perusahaan ini berstatus terbuka, bisa dimiliki masyarakat lewat pembelian saham di Bursa Efek Jakarta (BEJ) sejak tahun 1995, dengan dukungan sekitar 5.000 orang karyawan.

Suksesi kepemimpinan sudah disiapkannya. Tak kurang 70 persen urusan perusahaan sudah dihibahkan ke anak keduanya, Putri Koeswisnu Wardani. Pendiri sekaligus chairman PT Mustika Ratu, Tbk BRAy Mooryati Soedibyo tinggal mengambil porsi sisa 30% pekerjaan kepemimpinan perusahaan. Itu pun, sudah tak terkait langsung dengan keseharian perusahaan. Mooryati, misalnya, lebih banyak menjalankan lobi dengan sesama pengusaha, atau mencari mitra dagang serta pasar baru ke mancanegara, dan sebagainya. Urusan di dalam perusahaan sepenuhnya menjadi wewenang Putri.

Kenyang dengan pengalaman, naik-turun dan makan asam garam kehidupan, Mooryati memahami benar belajar memimpin perusahaan bukanlah pelajaran mudah. Ia tak mau anaknya terjerumus dalam arogansi diri sebagai anak pendiri dan pemilik perusahaan. Ia membentuk dan menggembleng anak perempuannya itu dengan mengharuskannya menempuh karir dari bawah. Sebagai misal, Putri pernah dilibatkan di bagian pemasaran, bagian keuangan, dan menjalani rotasi ke bagian-bagian lain. Perlakuan terhadap Putri diterapkannya tak berbeda dengan karyawan lain.

Mooryati memaksakan waktu magang lima tahun kepada Putri untuk diberi wewenang mengambil keputusan kebijakan perusahaan. Itupun bermula dari urusan-urusan kecil. Mula-mula Putri diserahi urusan kecil-kecil hingga memuncak ke pencapaian menguasai porsi 70 persen pengendalian perusahaan.

Mooryati Soedibyo peraih penghargaan sebagai Best of the Best Entrepreneur of the Year dari Earnst & Young (EY), diserahkan pada pertemuan sedunia para wirausahawan pilihan Earnst & Young di Monte Carlo, Monaco pada 4-8 Juni 2003, satu-satunya wanita di forum membuatnya menjadi perhatian sebab nominasinya biasanya selalu didominasi kaum lelaki, mempersiapkan suksesi kepada Putri bukan berarti menafikan empat orang anak lainnya. Ia memberikan dan menyiapkan ladang usaha lain yang cocok kepada semua anaknya. Misalnya, ada anaknya yang dimintakan khusus mengelola bisnis spa, lahan yang baru dia dirikan satu dekade terakhir di dalam dan di luar negeri.

Demikian pula kepada Ir Joko Ramiaji, M.Sc, misalnya, diberi kesempatan mengelola bisnis jasa konstruksi yang dianggap lebih sesuai dengan minat. Kepada anaknya yang lain Mooryati tetap membebankan tanggungjawab menyelamatkan bendera Mustika Ratu. Jika tak terlibat di manajemen ya diserahi tugas sebagai komisaris perusahaan.

Selain PT Mustika Ratu Tbk, BRAy Mooryati Soedibyo masih memiliki beberapa perusahaan terkemuka lainnya, PT Mustika Ratu Investama bergerak di bidang jasa investasi dan keuangan, PT Mustika Ratu Centre bergerak di bidang jasa properti, dan PT Mustika Princess Hotel bergerak di bidang jasa perhotelan. Posisinya di masing-masing perusahaan direktur utama. Selain keempat itu masih ada beberapa anak perusahaan lain serta perusahaan-perusahaan yang langsung di bawah kendali anak-anaknya. Industri jamu rumahan BRAy Mooryati Soedibyo kini adalah sebuah konglomerasi usaha yang patut dibanggakan sebagai aset nasional. Bersambung hp-tsl

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here