Ratu Jamu Kecantikan Indonesia

[ Mooryati Soedibyo ]
 
0
381

06 | Model Putri Indonesia

Mooryati Soedibyo
Mooryati Soedibyo | Tokoh.ID

“Model” terbaik Putri Indonesia tada lain sesungguhnya adalah BRAy Mooryati Soedibyo sendiri. Ia, yang semenjak muda belia, gadis remaja, hingga di usia senja selalu memiliki ketiga unsur cantik, cerdas, dan berperilaku baik dan santun sebagai putri keraton.

Kecantikannya hingga kini jelas masih terlihat dari raut wajah berikut penampilannya yang selalu menawan dan cantik. Ia juga cerdas dan tak ingin berhenti menggali ilmu di dalam dan luar negeri, baik pendidikan akademis maupun kursus-kursus. Setelah menyelesaikan Program Diploma-3 Jurusan Sastra Inggris tahun 1954 di Universitas Saraswati Surakarta, tahun 1977 ia mengikuti pendidikan Bahasa Inggris hingga tingkat VI di Centre Cultural Francais, dan tahun 1981 mengikuti pendidikan Ahli Kecantikan Internasional Cidesco di Vancouver, Kanada. Pada tahun 1995 ia berhasil memperoleh gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Pacific Western University, Los Angeles, Amerika Serikat.

Oktober 2000 resmi menyelesaikan pendidikan sarjana S-1 Jurusan Penterjemah (Translation) dari Universitas Terbuka, Jakarta. Pada Januari 2003 meningkat lagi ia berhasil menyelesaikan pendidikan S-2 Program Studi Linguistik Penerjemahan Bahasa Inggris Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo. Tak puas di situ, sejak September 2003 Mooryati Soedibyo mengikuti Kuliah Doktoral S-3 Minat Utama Marketing-Strategi Management di Universitas Indonesia, Depok.

Beragam ilmu yang dimiliki dengan murah hati dibagikannya ke semua orang. Ia aktif membawakan ceramah-ceramah tingkat nasional dan internasional di dalam dan luar negeri dengan beragam topik pembicaraan. Seperti tentang jamu, kecantikan, kesehatan, bisnis, lingkungan, keluarga, dan lain sebagainya. Mengarang buku adalah cara lain membagi ilmu. Ia tercatat telah mengarang empat judul buku, yakni “Seni Ngadi Saliro dan Ngadi Busono” (1978), “Alam Sumber Kesehatan” (1998), “Pengantin Indonesia” (2000), dan yang terbaru berjudul “Busana Keraton Surakarta Hadiningrat” (2003).

Khusus untuk tata rias, pemegang posisi direktur utama pada empat perusahaan miliknya, PT Mustika Ratu Tbk, PT Mustika Ratu Investama, PT Mustika Ratu Centre, dan pada PT Mustika Princess Hotel, Mooryati Soedibyo meraih banyak prestasi di dalam negeri dan luar negeri. Ia adalah juara umum lomba tata rias Asian Beauty Congress di Hongkong Maret 1981 bertemakan Dewi Shinta, juara umum lomba tata rias Cidesso di Kanada Juli 1984 dengan tema Paksi Jatayu, juara umum lomba tata rias di New York Agustus 1986 dengan tema Putri Junjung Buih, juara dua lomba tata rias Cidesso di Glasgow Skotlandia 10 Agustus 1987 dengan tema Bhineka Tunggal Ika, dan juara satu lomba tata rias Cidesso di Singapura 1991 dengan tema Ratu Kencono Wungu.

Sebagai aktivis di berbagai bidang kehidupan sosial kemasyarakatan Mooryati Soedibyo memiliki segudang pengalaman berorganisasi. Untuk berbagai aktivitas dan pengabdiannya itu ia memperoleh pula banyak pengakuan dan penghargaan dari pemerintah maupun kalangan swasta seperti Upakarti, Satya Lencana Pembangunan, Tata Rias Internasional, Kalpataru, hingga anugerah sebagai Best of the Best Entrepreneur of the Year dari Ernst & Young yang acara puncaknya diselenggarakan di Monte Carlo -Monaco pada tanggal 4- 8 Juni 2003. Bersambung hp-tsl

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here