Ratu Jamu Kecantikan Indonesia

[ Mooryati Soedibyo ]
 
0
381

08 | Spa Tradisi Jawa

Mooryati Soedibyo
Mooryati Soedibyo | Tokoh.ID

Pijat tradisional gaya Jawa, ia menyebutnya layanan Javanese massage, adalah sisi lain warisan leluhur yang dikenali BRAy Mooryati Soedibyo sebagai spa ladang bisnis baru yang menggiurkan.

Tak tanggung-tanggung, paket perawatan Taman Sari Royal Heritage Spa yang dikemasnya dijual secara franchise ke luar negeri, bersaing dengan pijat Shiatshu Jepang, Swedish, Thai massage dan beragam model pijat lainnya di luar negeri.

“Para leluhur saya dulu memiliki layanan serupa, misalnya di Kompleks Taman Sari Yogya atau Langenharjo Solo….” kata Mooryati, perihal pijat Jawa berbentuk pemulihan kesehatan dengan air plus pijat Keraton Jawa tempo doeloe.

Beberapa negara Asean sudah mengadopsi franchise bisnis spa tradisional Jawa kemasan Mooryati, seperti Singapura, Brunei, atau Thailand. Selain memperoleh management fee, ia berkesempatan memajukan produk jamu Mustika Ratu untuk perawatan di semua spa di luar negeri itu. Ia juga mengirimkan tenaga kerja pemijat wanita berpredikat therapis, atau pakar penyembuh yang berpenghasilan besar.

Sebelum dikirim ke luar negeri para therapis terlebih dahulu menjalani pelatihan. “Pokoknya, semua keluhan pegel linu pasti segera pulih, kalau sudah disentuh oleh jari-jari halus therapis saya,” kata Mooryati, tentang keterampilan para therapisnya dalam hal pijat-memijat yang sangat diminati konsumen dari kota-kota besar Indonesia dan luar negeri. Bersambung hp-tsl

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here