Sastrawan dan Budayawan Ajip Rosidi Tutup Usia

Must Read

Magelang – Sastrawan dan budayawan Ajip Rodisi berpulang pada usia 82 tahun, Rabu, sekitar pukul 22.30 WIB. Suami dari Nani Wijaya ini meninggal setelah menjalani operasi di RSUD Tidar Kota Magelang akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, mengatakan bahwa ayahnya menjalani operasi karena perdarahan di otak.

Sosok Ajip Rosidi, sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini, dianggap sebagai sosok yang lengkap, paripurna. Selain dikenal sebagai sastrawan Sunda, Ajip juga dikenal sebagai sosok yang memperkaya sastra Indonesia dan memperkenalkan kebudayaan Sunda di dunia internasional. Ketua Yayasan Kebudayaan Rancage itu juga dinilai sebagai sosok yang bisa melepaskan diri dari kecenderungan polarisasi dalam banyak hal. Salah satunya, polarisasi antara kebudayaan modern dan kebudayaan tradisional.

Ajip Rosidi telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Ia meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011.

Pre-Order Buku Hita Batak A Cultural Strategy

2 KOMENTAR

  1. innalillahi wa inna ilaihi roji’un.
    semoga warisan karya2 & jejaknya bisa diambil hikmah , keteladanan untuk jadi generasi yg lebih bermartabat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pre-Order Buku Hita Batak A Cultural Strategy

Latest News

Ketika Hita Batak Mencubit Diri Sendiri

Pengungkapan kebenaran sejarah misi itu laksana api panas bisa membakar dan menyakitkan, tetapi juga menerangi (mencerahkan, mencerdaskan, menginspirasi dan...

Follow Us on Facebook

26,568FansSuka

More Articles Like This

Pre-Order Buku Hita Batak A Cultural Strategy