BIOGRAFI TERBARU

Continue to the category
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
29.7 C
Jakarta
Populer Hari Ini
Populer Minggu Ini
Populer (All Time)

Sastrawan dan Budayawan Ajip Rosidi Tutup Usia

Lainnya

Magelang – Sastrawan dan budayawan Ajip Rodisi berpulang pada usia 82 tahun, Rabu, sekitar pukul 22.30 WIB. Suami dari Nani Wijaya ini meninggal setelah menjalani operasi di RSUD Tidar Kota Magelang akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, mengatakan bahwa ayahnya menjalani operasi karena perdarahan di otak.

Sosok Ajip Rosidi, sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini, dianggap sebagai sosok yang lengkap, paripurna. Selain dikenal sebagai sastrawan Sunda, Ajip juga dikenal sebagai sosok yang memperkaya sastra Indonesia dan memperkenalkan kebudayaan Sunda di dunia internasional. Ketua Yayasan Kebudayaan Rancage itu juga dinilai sebagai sosok yang bisa melepaskan diri dari kecenderungan polarisasi dalam banyak hal. Salah satunya, polarisasi antara kebudayaan modern dan kebudayaan tradisional.

Ajip Rosidi telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Ia meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011.

Beli Buku Hita Batak A Cultural Strategy

2 KOMENTAR

  1. innalillahi wa inna ilaihi roji’un.
    semoga warisan karya2 & jejaknya bisa diambil hikmah , keteladanan untuk jadi generasi yg lebih bermartabat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Beli Buku The Story of Simplicity Mayjen TNI Dr Suyanto

Terbaru

Fenomena “Lord Acton” dan Harapan Pada RUU Perampasan Aset

Penegakan hukum yang melemah di era Joko Widodo menjadi sorotan, ditandai dengan banyaknya kasus yang menunjukkan keterlibatan kekuasaan, seperti...
26,568FansSuka
37,800PengikutMengikuti
645PengikutMengikuti
1,720PelangganBerlangganan
Majalah Tokoh Indonesia Edisi 48 PABU

Berita Lainnya